Obat Biologis untuk Psoriasis, apa itu ?

Dr. Ruri D. Pamela, SpKK

Pernah melihat atau mengetahui teman, saudara yang mengalami bercak kemerahan di kulit disertai sisik tebal dan sering kambuh? Barang kali mereka mengalami penyakit kulit yang disebut psoriasis. Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit menahun yang disebabkan gangguan pada sistem imunitas individu itu sendiri.

Istilah medisnya penyakit ini merupakan penyakit autoimun, bukan penyakit infeksi dan TIDAK MENULAR. Psoriasis bisa disembuhkan, namun penyakit ini dapat kambuh kembali apabila ada berbagai faktor yang menjadi pencetus. Apa saja yang dapat menyebabkan penyakit ini kambuh? Diantaranya infeksi, paling sering infeksi saluran nafas, strespsikologis, kehamilan. Tujuan pengobatan penyakit ini adalah untuk mengurangi frekuensi kekambuhan dan mencegah terjadinya komplikasi, paling sering mengenai persendian.

Anda yang telah lama bergumul dengan penyakit auto imun seperti psoriasis barangkali pernah mendengar atau pernah dianjurkan oleh dokter untuk mencoba pengobatan dengan obat biologis / biologic agent? Selain dari harganya yang cukup mahal, ada baiknya mengenal dulu apa itu obat biologis dan apakah betul obat ini sangat efektif sesuai dengan harganya ?

Seperti telah diketahui, sampai saat ini belum ditemukan pengobatan yang empiris dalam menyembuhkan penyakit autoimun, termasuk psoriasis. Yang dapat dilakukan adalah mengendalikan dan mengontrol gejala psoriasis. Ada berbagai jenis pilihan dan tingkat pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengontrol gejala, semuanya tentu tergantung dari kondisi klinis gejala yang dialami setiap individu. Salah satu diantaranya adalah menggunakan obat biologis.

Obat biologis adalah produk medis yang dibuat dari berbagai jenis sumber alam untuk mengobati, mencegah, atau meredakan kondisi klinis dari suatu penyakit. Beberapa contoh dari obat biologis adalah vaksin, darah, produk darah untuk transfusi, sel, atau jaringan untuk transplantasi (tulang, ligamen, tendon), terapi gen, dan terapi seluler.

Bagaimana obat biologis pada psoriasis ini bekerja? Obat biologis bekerja pada sistem imun dan mengurangi peradangan serta gejala psoriasis lainnya. Beberapa obat biologis mampu memblok adraksi dari 2 protein dalam tubuh yang disebut interleukin (IL) 12 dan IL 23, yang diproduksi dalam jumlah berlebihan dan menyebabkan psoriasis. Karena itu target kerjanya sangat spesifik pada protein tertentu, berbeda dengan obat imun omodulator konvensional yang digunakan pada psoriasis.

Hasil apa yang diharapkan dari obat biologis pada psoriasis ? Sebelum dipasarkan, obat biologis tentu harus melewati sejumlah tahap uji klinis dan penelitian pada ribuan pasien. Suatu penelitian tahun 2008 yang dimuat pada jurnal ilmiah Lancet, melakukan penelitian klinis pad pasien psoriasis tipe plak yang disuntikkan obat biologis ustekinumab (Stelara), hasilnya mayoritas pasien psoriasis mencapai perbaikan 75% pada gejala psoriasis mereka setelah 12 minggu pengobatan (2 suntikan). Diketahui juga bahwa efektivitasnya tampak dalam 2-4 minggu di awal pengobatan. Perbaikan ini terus terjaga dalam jangka waktu panjang (hampir 5 tahun). Artinya selama waktu itu pasien mengalami remisi (masa bebaslesi) yang cukup panjang.

Tentu tidak semua tipe psoriasis merupakan indikasi pengobatan dengan obat biologis. Semua disesuaikan dengan kondisi klinis individu. Sampai saat ini derajat keparahan psoriasis yang merupakan indikasi adalah psoriasis derajat sedang sampai berat. Setiap obat memiliki efek samping, karena itu sebelum dokter memutuskan bahwa seseorang boleh menggunakan obat biologis, ada syarat dan pemeriksaan yang harus dilakukan. Yang harus diingat adalah pengobatan biologis pada psoriasis bertujuan untuk mengontrol gejala, bukan menyembuhkan. Tanyakan setiap hal yang berkaitan dengan obat biologis sebanyak-banyaknya pada dokter, sebelum memutuskan untuk mencoba pengobatan dengan biologic agent.