RS dr. Suyoto memiliki fasilitas Hidro Terapi?! Apa itu (Hidro Terapi)?

Hydropool (Hidro Terapi) merupakan suatu prosedur terapi yang melibatkan penggunaan air. Terapi ini bertujuan mengobati penyakit atau menjaga kesehatan. Prosedur ini berbeda dengan berenang. Hidro Terapi meliputi gerakan fisik khusus yang dilakukan pada kolam berisi air hangat. Suhu air berkisar 33–36ºC yang relatif lebih hangat dibanding suhu kolam renang biasa.

Hidro Terapi biasanya dilakukan oleh fisioterapis di departemen rehabilitasi medik rumah sakit. Terapi ini tergolong aman dilakukan sebagai terapi tambahan berbagai penyakit, seperti artritis (radang sendi). Namun perlu diingat bahwa terapi ini bukanlah terapi utama, sehingga terapi utama dengan obat-obatan perlu tetap dilanjutkan bersamaan dengan Hidro Terapi.

Kenapa hydropool diperlukan?
Hidro Terapi merupakan suatu prosedur yang menggunakan air untuk membantu proses rehabilitasi medis. Air memiliki berbagai khasiat yang dipercaya dapat membantu proses pengobatan penyakit, seperti :

● Air dapat menyimpan dan membawa energi panas.
● Air dapat melarutkan zat lain, seperti mineral dan garam.
● Air tidak dapat melukai tubuh.
● Air dapat melancarkan aliran darah.
● Air memiliki efek menenangkan.
● Olahraga dalam air dapat mengurangi beban bagi sendi dan membuat olahraga dapat dilakukan dalam waktu yang lama.
Pada pasien dengan radang sendi, Hidro Terapi dapat meringankan gejala pasien dengan cara:
● Air hangat membantu otot rileks dan mengurangi nyeri pada sendi, sehingga pasien dapat melakukan olahraga fisik.
● Air menopang berat badan tubuh, sehingga mengurangi nyeri dan meningkatkan rentang gerak sendi.
● Air dapat berperan sebagai tahanan ketika sendi digerakkan. Dengan mendorong kaki dan tangan melawan tekanan air, pasien dapat
meningkatkan kekuatan otot.

Siapa yang membutuhkan hydropool (Hidro Terapi)?
Hidro Terapi dapat digunakan untuk mengurangi nyeri. Terapi ini direkomendasikan bagi pasien dengan penyakit seperti artritis (radang sendi), jerawat, depresi, nyeri kepala, gangguan tidur, stres, hingga gangguan lambung, sendi, otot, dan saraf.

Hidro Terapi juga dapat dilakukan untuk relaksasi dan menjaga kesehatan tubuh.

Prosedur ini tidak disarankan bagi pasien yang memiliki kondisi medis seperti:
● Penyakit jantung dan pembuluh darah
● Tekanan darah tinggi
● Demam

● Cedera atau radang akut
● Penyakit ginjal
● Kanker
● Hamil
● Kurang sensitif terhadap panas dan/atau dingin

Apa saja persiapan untuk menjalani Hidro Terapi?
Sebelum prosedur, pasien perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan fisioterapis.
Fisioterapis akan melakukan tanya jawab terkait kondisi medis pasien secara umum dan harapan pasien terhadap pengobatan. Dari informasi ini, fisioterapis akan menentukan apakah Hidro Terapi merupakan pilihan yang tepat bagi kondisi pasien.
Bagaimana prosedur hydropool dilakukan?
Prosedur hydropool biasanya dilakukan dalam 5-6 sesi, dengan masing-masing sesi berlangsung selama 30 menit. Prosedurnya meliputi:
● Pasien akan diminta untuk masuk ke dalam kolam. Kedalaman kolam diatur sesuai dengan aktivitas fisik yang akan dilakukan, keadaan pasien, dan berat badan pasien. Umumnya kedalaman kolam hanya setinggi dada. Fisioterapis juga akan masuk ke dalam kolam untuk memandu pasien.
● Fisioterapis akan memandu pasien dalam melakukan aktivitas fisik dalam air. Beberapa gerakan dilakukan secara aktif oleh pasien, sementara gerakan lainnya dilakukan secara pasif oleh fisioterapis.
● Umumnya, gerakan yang dilakukan meliputi gerakan untuk mengurangi beban tulang belakang, menguatkan otot, dan meningkatkan rentang gerak sendi.

Apa saja yang perlu diperhatikan setelah hydropool?
Setelah Hidro Terapi, pasien dapat merasakan gejala yang berkurang dan rentang gerak sendi menjadi lebih baik. Secara garis besar pasien akan mengalami perkembangan pada fungsi tubuh dan rehabilitasi. Pasien mungkin akan merasakan pegal dan rasa kurang nyaman setelah sesi Hidro Terapi. Setelah keluhan ini berkurang, perkembangan dapat dirasakan.
Apa saja risiko hydropool?
Risiko Hidro Terapi bervariasi tergantung pada durasi dan intensitas terapi. Beberapa pasien mengeluhkan nyeri kepala, nyeri otot, gangguan tidur, mual, menggigil, hingga pingsan.

Referensi :
Health Link British Columbia. https://www.healthlinkbc.ca/health-topics/tr3554spec
Diakses pada 07 September 2022
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/different-types-of-Hidro Terapi-89993 Diakses pada 7 September 2022
Versus Arthritis. https://www.versusarthritis.org/about-arthritis/treatments/therapies/Hidro Terapi/ Diakses pada 7 September 2022
Live Well Rehab. https://livewellrehab.com.au/what-is-Hidro Terapi-and-how-does-it-work/ Diakses pada 7 September 2022
North American Spine Society.
https://www.spine.org/KnowYourBack/Treatments/Nonsurgical-Treatments/HidroTerapi Diakses pada 7 September 2022