Jl. RC. Veteran Raya No.178(021) 7342012 Senin - Sabtu: 08:00 - 17:00 /

Blog

Seminar Case Manager Dalam Model Asuhan Keperawatan Profesional

Pada tanggal 8 Agustus 2018, Rumah Sakit dr. Suyoto mengadakan seminar yang bertemakan tentang “Seminar Dan Workshop Peran Case Manager Dalam Model Asuhan  Keperawatan Keperawatan Profesional (MAKP) bagi Personel Rumah Sakit dr. Suyoto Pusrehab Kemhan”. Pembicara yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Prof. Dr. Ratna Sitorus, M.App.Sc dan Ns. Neneng Kurniawati, M.Kep., Sp.kep.MB

Dalam sejarahnya, case manager pertama kali diperkenalkan tahun 1995 oleh Case Manager Society of America (CMSA) sebagai sebuah sistem keperawatan kesehatan yang berdasarkan evidence base practice. Standar yang diperlukan dalam praktik case manager berupa evolusi, definisi, pengaturan praktek, peran dan fungsi, kegiatan, proses manajemen kasus, prinsip dan panduan, terakhir standar pelaksanaan. Ciri dari case manager adalah manajemen, komunikasi, wawasan pelayanan klinis, dan membantu pasien dalam memenuhi pelayanan kesehatan. Kualifikasi yang cocok untuk case manager adalah dokter umum atau perawat (S1) yang memiliki pengalaman memberikan pelayanan klinis selama lebih dari 3 tahun.

Fungsi dari manajemen pelayanan adalah asesmen utilitas, perencanaan, fasilitas dan advokasi, koordinasi pelayanan, evaluasi, tindak lanjut pasca discharge, serta kendali mutu dan biaya. Implementasi dari case manager berupa penetapan dan pengangkatan case manager oleh direktur rumah sakit, pelatihan kompetensi, melakukan skrining pasien, asesmen pasien, penyusunan rencana manajemen pelayanan pasien, melakukan fasilitasi yang mencangkup interaksi, memfasilitasi untuk kemungkinan pembebasan dari suatu kendala yang tidak mempengaruhi kinerja atau hasil, memfasilitasi dan memberikan advokasi, terakhir melakukan monitoring dan evaluasi.

Prof. Dr. Ratna Sitorus, M.App.Sc menyampaikan materi yang berkaitan dengan “Penerapan Model Praktek atau Asuhan Keperawatan Profesional dalam Mendukung Program Akreditasi Rumah Sakit”. Pembahasan yang diberikan berupa pengertian akreditasi di rumah sakit, model praktek keperawatan profesional, terapi keperawatan sebagai intervensi yang unik, dan peran perawat profesional pada pemberian terapi keperawatan. Ciri utama dari asuhan keperawatan profesional yaitu proses atau diagnosa keperawatan dan intervensi unik. Hasil dari asuhan keperawatan adalah kepuasaan klien, kepatuhan perawat pada proses keperawatan, dan pandangan masyarakat.

Sedangkan Ns. Neneng Kurniawati, M.Kep., Sp.kep.MB menyampaikan prinsip dari manajer pelayanan pasien yaitu pendekatan kolaboratif berfokus pada pasien “klien-centris” dan memfasilitasi otonomi pasien dan perawatan mandiri melalui advokasi, pengambilan keputusan bersama, dan pendidikan. Case manager di era JKN adalah multitasking dan outcome yang patient-oriented. Kategori pasien di Rumah Sakit dr. Suyoto yaitu resiko tinggi, biaya tinggi, potensi komplen, kasus dengan penyakit kronis, kasus kompleks atau rumit, dan kemungkinan biaya kompleks. Implementasi yang sudah dilakukan oleh Rumah Sakit dr. Suyoto adalah indentifikasi pasien untuk intervensi manajemen, melakukan kolaborasi antara dokter dengan pasien, monitoring dan evaluasi, serta pendampingan terhadap pasien pada setiap pelayanan yang ada di rumah sakit.

Share this post